Home » , » Mengatasi Pegal Dengan Olahraga Ringan

Mengatasi Pegal Dengan Olahraga Ringan

Foto : Google
Terlalu lama duduk di bangku kerja sering menumbulkan rasa lelah, pegal di sekujur tubuh, terutama di bagian pinggang. Efek ini sering dirasakan oleh mereka yang bekerja seharian, entah itu menulis, mengetik di komputer dan kesibukan lainnya yang mengharuskan Anda duduk lama.

Dan rasa lelah, pegal dan capek ini tidak hanya dirasakan oleh mereka yang sudah dewasa. Anak muda pun yang masih duduk di bangku sekolah bisa merasakannya. terlalu lama belajar mungkin, atau juga harus duduk lama di depan komputer karena banyak tugas sekolah yang harus dikerjakan.


Mungkin terdengar sederhana, cuma pegal, cuma lelah atau sedikit capek. Cukup dibawa istirahata sebentar semuanya akan kembali normal. Tapi ternyata tidak segampang itu. Ada ancaman dibalik rasa pegal yang kita rasakan akibat terlalu lama duduk tersebut.

Terlalu lama duduk bisa menimbulakn penyakit seperti diabetes, ginjal jantung dan lainnya. Nah daripada mengambil resiko yang lebih jauh, ada baiknya kita lebih dulu menangkalnya dengan berolahraga ringan.

Meski tidak mengobati, olahraga ringan (selain berdiri sejenak dari bangku) menurut berbagai sumber bisa menangkal efek lelah berlebihan, atau rasa pegal yang biasa dirasakan setelah duduk lama di bangku kerja.
  • Deep Squats
Gerakan jongkok-berdiri dimulai dengan buka kaki selebar bahu dan tubuh tegak menghadap ke depan. Lalu secara perlahan, lakukan gerakan jongkok seperti hendak duduk di kursi dengan tumit tetap menapak di lantai. Lakukan itu serendah mungkin hingga betis menempel dengan paha belakang, tetapi jangan sampai terasa sakit karena bisa memicu cidera otot.
  •  Bend and Twist
 Bungkukkan badan dan putar pinggul. Tapi hati-hati, gerakan ini jika salah melakukan justru bisa memicu cidera.Caranya, berdiri dengan membawa bolakecil di tangan. Posisikan punggung agak memungkuk, dengan tangan mengarah 45 derajat ke depan. Dengan posisi tetap membungkuk, ayunkan bola di tangan ke arah samping lalu secepatnya kembali ke posisi semula.
  • Alternating step-up
Sederhana dan praktis. Gerakan seperti turun naik tangga ini ternyata cukup beguna bagi memperkokoh otot betis. Caranya, cari pijakan yang tingginya kurang lebh selutut, berdiri diatasnya. Turunkan salah satu kaki hingga ujung jarinya menyentuh lantai. Namun sebelum tumitnya menapak, angkat kembali dengan kekuatan kaki yang satunya lagi, lakukan berulang (layaknya setengah berlari naik tangga).
  • Walking lunges
 Jalan sambil jongkok ternyata juga bisa mencegah lelah setelah lama duduk. Caranya : berdirilah dengan kaki dibuka selebar bahu lalu bayangkan saat ini sedang berada di atas bantalan rel kereta. Langkahkan salah satu kaki jauh-jauh seolah ingin menapak di bantalan rel berikutnya. Begitu menapak, turunkan lutut hingga beberapa centimeter saja di atas lantai. Tarik kaki yang satunya menyusul kaki yang di depan, lalu lakukan bergantian
  • Cobra
 Seperti namanya, gerakan ini memang menyerupai apa yang sering dilakukan oleh ular cobra. Ambil matras, posisikan tubuh tengkurap menghadap dengan wajah ke bawah. Telapak tangan menghadap ke bawah, persis di bawah bahu. Tulang panggul tetap menempel di matras, perlahan dorong tubuh bagian atas dengan kedua tangan seperti saat melakukan gerakan push up. Dorong setinggi mungkin hingga punggung melengkung ke belakang, namun batasi jangan sampai kesakitan

Gerakan-gerakan sederhana yang tidak membutuhkan waktu lama tersebut bisa Anda lakukan dimana saja, bahkan ditempat kerja sekalipun. Sehingga berapa lama pun kita kerja, ancaman pegal itu bisa sedikit teratasi.

namun jang lupa juga, sempatkan sejenak untuk berdiri dari bangku kerja, atau menoleh ke arah lain beberapa saat jika Anda bekerja di hadapan komputer. Ini juga untuk mencegah rasa lelah dan tentu saja mencegah rasa bosan duduk lama dengan pekerjaan.

*Dihimpun dari berbagai sumber

0 komentar:

Terbaru

Popular Posts