Home » , » Trik Membuat Anak Suka Sayuran

Trik Membuat Anak Suka Sayuran

menolak makan sayur
Foto : medicmagic.net
Anak-anak memang tidak dilahirkan untuk menolak sayur-sayuran. Tapi anak balita kerap mengunci mulutnya rapat-rapat ketika disodori menu sayuran.

Menurut Ahli Diet Yvonne Syto, yang menulis buku "Nutrition Map: Your Guide to Eating Healthy in the Real World", umumnya balita senang sayuran hingga mereka dikenalkan buah-buahan dan yang manis.

Memang tidak mudah membujuk anak untuk membuka mulut agar makan sayuran, tapi kemungkinan untuk kembali menyalakan semangat anak-anak terhadap sayuran bisa terjadi pada usia berapa pun.

Berikut cara kreatif agar anak doyan sayur lagi seperti dikutip laman eHow, Senin (5/11):

1. Ajak anak berkebun

Anak-anak akan bersemangat dengan makanan yang mereka makan jika meminta bantuan mereka di kebun. "Kami menanam di sebuah taman besar, dan mereka masing-masing memiliki pilihan mereka sendiri," kata Antoinette Kuritz, seorang Spesialis Hubungan Masyarakat yang senang berkebun.

"Setiap kali makan, mereka pergi ke luar dan memilih sayuran yang mereka inginkan, memilih berapa banyak yang akan mereka makan, mencucinya, dan mengeringkan, dan meletakkannya di piring mereka." Jika Anda tidak memiliki ruang untuk bertanam, ajak mereka ke pasar agar bisa ikut memilih.

2. Celupkan dengan sayuran

"Anak-anak suka mencelupkan sesuatu," kata Claire Criscuolo, pemilik Corner Copia di New Haven, Connecticut. Kuncinya adalah memilih celupan yang sehat.

"Anda tidak membantu anak-anak Anda dengan mengajak mereka untuk makan sayuran yang tertutup dengan lemak dari peternakan," kata Dr Joanna Dolgoff, penulis "Red Light, Green Light, Eat Right".

Sebaliknya, cobalah sedikit saus yang rendah lemak dan sehat untuk jantung.

3. Mulailah dengan ke pasar

Bawalah anak Anda ke pasar atau swalayan untuk bersama-sama membeli sayuran. "Biarkan anak Anda ikut memilih makanan untuk makan. Dengan memberikan pilihan, mereka akan mencoba hal-hal yang Anda yang tidak akan pernah mereka harapkan. Dan ketika mereka memilih, mereka biasanya akan memakannya," kata Criscuolo.

4. Campuran bayam


Campur minuman smoothie anak Anda dengan kekuatan dari sayuran rahasia. "Beberapa kangkung atau bayam akan berbaur dengan baik dan tanpa rasa dalam smoothie yoghurt dengan pisang," kata Suriano. "Atau tambahkan beberapa bit untuk smoothie blueberry Anda - itu adalah minuman yang sangat bergizi dan lezat."

5. Sarapan hingga makan malam yang sehat

Koki selebriti Wade Williams, pemilik Picnic Inc, sebuah perusahaan katering Los Angeles menyarankan menggabungkan bayam, jamur, dan sayuran lainnya ke telur dadar favorit mereka.

6. Pilih makanan sendiri dalam pertualangan anak

Biarkan mereka menjadi bos dari diri mereka sendiri. "Sebagai orangtua, Anda dapat mengatakan 'Kamu harus makan sayuran hijau atau sayuran oranye atau buah yang berwarna-warni'. Lalu biarkan mereka memilih yang mana," kata Criscuolo. Misi khusus ini bisa membuat anak-anak bersemangat dengan makan sayuran mereka.

7. Buat anak senang

Makanan seperti pizza sangat bergantung dari topping yang sempurna. Ajak jari-jari mungil mereka ikut menghiasi topping. Beli adonan siap saji dan siapkan bahan-bahan untuk topping. Biarkan anak-anak yang memilih topping sayuran yang sehat dan mereka akan membuat karya seni untuk dimakan.

8. Membuat "Paspor Palette"

Anda tidak perlu paspor atau pesawat terbang untuk wisata kuliner. Buatlah permainan dari handmade "Paspor" ke negara-negara yang berbeda dengan masakan khasnya. Anda bisa membuat anak Anda bersemangat tentang geografi serta makanan sehat.

Biarkan anak Anda mengisi "paspor" dengan sayuran dari seluruh dunia. (MEL)

Sumber Artikel : http://health.liputan6.com/read/450077/mau-anak-doyan-sayuran-ini-caranya

0 komentar:

Terbaru

Popular Posts